Sabtu, 28 April 2018

Profil AJI & RAFI




Assalamulaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.  

Aji & Rafi; adalah singkatan dari “Aji Leksono & Rafi Band”. Berawal dari sebagai keyboardis grup nasyid di kampus Nasitakustik (2002-2006) dan vokalis band Safira (2007-2012), Aji mencoba untuk bekerjasama dengan penyanyi yang sudah malang melintang di panggung nasyid Jogjakarta kala itu. Kemudian beberapa single telah dirilis antara lain “Beri Aku Cinta” (2008; Kebun Cinta), “Pena” (2009; Safwan Kamal), dan “Hitam Berganti” (2010; Alityo). Masing-masing single telah diputar di radio muslim antara lain di Jogjakarta, Purworejo, Tangerang, Jakarta dan Aceh. Respon yang baik dari pendengar ditunjukkan dengan tingginya request akan single-single tersebut.
Medio tahun 2012 setelah momen idul fitri, Aji Leksono dan kawan-kawan membentuk sebuah wadah untuk mengembangkan diri sebagai solois nasyid yaitu Rafi Management. Skuad awal yang tergabung dalam Rafi Management antara lain Aji Leksono, Alityo, Anasta El Nata dan Firas Byzi. Awal 2013 bertambah satu solois wanita muda berbakat Fadhila Tsaniya. Single yang dihasilkan pada saat itu (2012-2014) antara lain Makna Hidup (Anasta El Nata), Cinta Rasul (Firas Byzi), Satu Kata Cinta (Fadhila Tsaniya), Kidung Cinta (Anasta El Nata), Hakikat Cinta (Firas Byzi & Fadhila Tsaniya), Tersenyumlah (Alityo), dan Alunan Nada Hati (Aji Leksono). Semua aransemen lagu-lagu tersebut digubah oleh Aji kecuali lagu Kidung Cinta oleh Dhion Fanditya.
Dalam setiap penampilannya tim Rafi sedari awal menggunakan format live band mulai dari akustik dan standar combo (gitar, bas, keyboard, drum). Dalam beberapa even juga telah menggunakan iringan orkestra string. Rafi band formasi awal telah banyak mengalami pergantian personel di setiap penampilannya. Hanya ada satu orang yang masih bertahan yakni pemain bas yang digawangi oleh Brian Tegar Prakoso. Kemudian hampir tiga tahun belakangan Rafi band tidak terlalu aktif di panggung-panggung nasyid termasuk panggung walimah yang juga sangat membuat Rafi band eksis. 
Ketika itu Aji juga sedang sibuk di belakang layar diantaranya membuat single “Jalinlah Kebersamaan” bersama Deni Aden & Kendy Yuditha dkk (Pelangi Nasyid), single “Cinta Rasul” (versi 2), “Penantian”, dan “Thalaal Badru”.  Kemudian menjadi music director dalam penggarapan album perdana LHI Music School di tahun 2016; “God, The World & My Dream” (produser: Fely Hilman Justice Voice). Akhirnya pada 2017 lalu Aji mencoba merumuskan kembali proyek Rafi Band untuk menunjang eksistensi di dunia nasyid dengan nama “Aji & Rafi” yang personelnya antara lain Subhan Muhammad pada vokal, Apri Diningrat pada gitar, Brian Tegar Prakoso pada bas, Fikar Radhika pada drum dan Aji Leksono pada keyboard. Single perdana yang digarap berjudul “Sinergi Hati”; sebuah lagu yang bertemakan penantian seseorang dalam mencari jodohnya yang berujung pada pernikahan.
Semoga Aji & Rafi terus melahirkan karya-karya nasyid agar senantiasa mengajak para pencintanya untuk sama-sama menjadi diri yang lebih baik. Wallahualam.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.  

nb, bagi yang ingin mengundang Aji & Rafi, bisa menghubungi admin Radio Nasyid Online

0 komentar:

Posting Komentar